Beranda > Komputer, Tips and Trick > Tips Mengamankan Data di Komputer

Tips Mengamankan Data di Komputer

Anda pernah merasakan kehilangan data di komputer Anda? gimana rasanya??? enak gak…hehehe! Ane udah merasakannya dua kali malah, padahal data yang hilang tersebut merupakan data penting sebuah proyek desain yang udah deadline.

Kalang-kabut?, so pasti…hampir nangis ane membayangkan hasil pekerjaan selama berminggu-minggu lenyap begitu saja. Akhirnya setelah mengikuti beberapa tips dibawah ini yang disunting dari sebuah artikel PC ternama di tanah air (thanks for…), ane udah gak terlalu khawatir lagi kehilangan data.

Bagi Anda yang belum punya persiapan apa-apa menghadapi “bencana” yang tidak terduga ini. Ane ingin sedikit berbagi tips. Semoga bermanfaat.

  • Sebaiknya simpan data anda di partisi yang berbeda dengan partisi sistem operasi. Kalau dalam hardisk anda ada dua partisi yaitu misalnya; -Local Disk (C:) dan -Data (D:), maka tempatkanlah semua data-data Anda di partisi (D:).
  • Kehilangan data bisa dikarenakan hardisk yang crash karena adanya bad sektor. Usahakanlah secara berkala untuk melakukan Check Disk dengan cara: Klik kanan pada partisi yang ingin di check > Klik Properties > Kemudian masuk pada tab Tools > Klik Check Now.
  • Anda juga bisa menggunakan Disk Cleanup dan disk Defragmenter yang tersedia di Windows. Disk Cleanup berfungsi membersihkan sisa-sisa data yang tidak lagi terpakai. Sedangkan Disk Defragmenter untuk merapikan isi hard disk sehingga kinerjanya tidak terlalu berat. Karena mendefrag disk ini membutuhkan waktu yang lumayan lama, maka aktifkan Defragmenter jika komputer sedang dalam keadaan tidak terpakai.
  • Jauh-jauhlah dari Malware!. Meskipun tren Malware adalah mencuri data, bukan berarti tak ada malware yang merusak data. Malware bisa merubah registry, mengganggu proses suatu program, dan merusak file penting sehingga sistem tidak stabil bahkan crash. Malahan ada malware yang mengubah suatu file sehingga file tersebut tidak bisa lagi terpakai. Cara mengatasi malware yang efektif adalah instal Anti Malware. Firewall bisa jadi pertimbangan kalau tembok pertahanan ingin dipertebal. Dan jangan lupa untuk selalu meng-updatenya.
  • Hati-hati pencet tombol!, kasus seperti ini sering terjadi, kehilangan data karena salah pencet tombol. Bahkan ada yang hard disknya terformat secara tidak sengaja. Biasanya terjadi ketika kita menghapus, menginstal/uninstal dll…Tombol yang muncul biasanya “Cancel” atau “Ok” , “yes” atau “No”, baca baik-baik keterangan sebelum di pencet.
  • Gunakan media penyimpanan eksternal. Bagi memiliki budget lebih, hal ini harus jadi bahan pertimbangan untuk keselamatan data penting Anda. Dan keuntungannya juga data-data kita bisa dibawa-bawa alias portable.
  • Gunakan UPS. Listrik yang tidak sabil atau sering mati tiba-tiba jangan dianggap enteng. Bersiaplah untuk mengganti hard disk anda jika kondisi seperti ini dibiarkan berlarut-larut. Sebuah perintah yang tidak selesai di eksekusi oleh komputer kita karna listrik padam tiba-tiba akan menjadikan hard disk kita dipenuhi oleh bad sektor.
  • Langkah aman. Selalu matikan komputer dengan cara yang benar, kalau tidak berpengalaman memformat hard disk atau istal ulang sistem operasi, mending minta tolong sama yang sudah berpengalaman, Dan berhati-hatilah terhadap pencuri.!!!

%%S.A.L.A.M%%

  1. alan nuari
    Juni 17, 2010 pukul 6:24 pm

    trim`k Broo atas Tip dan Trik,jangan lupa kalau ada yang dapat mengamankan data tolong di kasih tip dan triknya lagi

  2. Juni 20, 2010 pukul 4:46 am

    Thanks bro…tunggu aja posting berikutnya!

  3. Juli 18, 2010 pukul 6:20 am

    thanks infonya

  4. john8baldwin
    September 9, 2010 pukul 12:37 pm

    If you have a problem with your PC just visit this SITE
    ,It’s a Tutorial how to clean up your PC and a new software development to:
    Prevents Computer Crashes and Speeds Up Slow PC
    And is all FREE !!It will fix your problem and saving Time

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s