Beranda > Profil, Seputar Tojo Una-una > Kecamatan Ulubongka

Kecamatan Ulubongka

Ulu Bongka adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Indonesia.5WZ8HVTDWZH8

Kecamatan Ulu Bongka memiliki 13 (tiga-belas) desa/kelurahan:

  1. Desa Bonebae
  2. Desa Bonebae II
  3. Desa Bongka Makmur
  4. Desa Borneang
  5. Desa Marowo
  6. Desa Mire
  7. Desa Paranonge
  8. Desa Rompi
  9. Desa Tampanombo
  10. Desa Tobamawu
  11. Desa Uekambuno
  12. Desa Uematopa
  13. Desa Watusongu
  1. Nina safitry
    Januari 14, 2011 pukul 9:22 am

    kecamatan ulubonka adalah kecamatan yg indah dimana para masyarakat yg memiliki solidaritas yg tinggi.

    • Januari 21, 2011 pukul 5:30 am

      bttttul itu Bu…cuma syangnya daerah ini sangat lambat perkembangannya! listriknya sja hanya menyala selama enam jam. padahal daerah ini dekat dengan ibu kota kabupaten Ampana. Tidak ada yang berani untuk membuka usaha disini…pasar dan fasilitas lainnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
      Sehingga hasil alam daerah ini yang kaya lebih mudah dikuasai oleh para tengkulak…akses informasinya pun masih minim di era yang sudah semakin canggih ini.
      Kecamatan ini juga memiliki wisata yang potensial, hanya saja tidak diperhatikan dan dikelola dengan benar!
      Untuk itu, marilah galang kekuatan kita untuk membangun daerah ini dengan jalan apa saja yang bisa kawan-kawan sumbangkan untuk daerah kita tercinta ini!
      bangunlah pondasi intelektual, ekonomi, kekeluargaan dan spiritual yang kuat sebelum daerah ini sebelum di eksplorasi dan dijajah oleh segelintir orang yang hanya mengejar keuntungan tanpa memikirkan nasib kita.
      SALAM

      • Akrim
        November 4, 2011 pukul 6:49 am

        memang kasiang kecamatan ini lllea saya ada usul ini…. buat para penguasa di kabupaten tida bisa ka di lobi ka sana supaya listrik bisa manyala siang malam di kec.Ulu Bongka

  2. Akrim
    November 4, 2011 pukul 6:55 am

    kenalkan nama saya Upik lengkapnya AKRIM P.YAWU saya ini anak daerah asli Ulu Bongka tepatnya di desa Mire. saya tulis pesan ini juga karena kebetulan saya datang ke Ibu kota Kabupaten Tojo Una-Una……………. sebenarnya selalu timbul dalam benak saya ‘ kapan ya ? ulubongka bisa sejajar dengan kecamatan 2 lain ?

    • November 5, 2011 pukul 4:39 pm

      Salam kenal juga Pik…sebelumnya terima kasih atas kunjungannya…!
      Kita sama2 prihatin dengan kondisi ini…sebenarnya masalah listrik hanyalah sebuah contoh kecil dari berbagai masalah yang kita hadapi…
      kalau masalah perlobian dsb…Saya yakin sudah banyak yang mencoba. masalahnya, Kita tidak memiliki kekuatan politis untuk didengar dan diperhatikan!..Tak usahlah berharap banyak terhadap para elit kita…mereka juga dilematis, dalam konteks ini adalh pengaruh jabatan dan kekuasaan semata.
      SOLUSInya…..Kita sebagai anak-anak Ulubongka harus menggalang persatuan, dalam artian satu tujuan menciptakan Ulubongka yang mandiri dan sejahtera, Perkaya ilmu dengan sering mengakses informasi dan berkarya dalam hal-hal yang positif sehingga akan menggugah masyarakat bahwa kita bukanlah obyek dari “pembangunan” semata, tetapi juga sebagai subyek atau pelaku pembangunan itu sendiri. Kitalah yang menentukan masa depan….bukan segelintir Orang berpangkat dan memiliki jabatan yang kita harap bisa mengangkat harkat dan martabat kita! *******
      Bangun pondasi ekonomi yang kokoh…kita kaya akan hasil bumi dan laut.
      dan, tolak segala bentuk exploitasi yang akan merusak alam dan budaya kita!
      perbanyak informasi mengenai Ulubongka diberbagai kesempatan seperti pertemuan-pertyemuan, di media baik media cetak maupun elektronik….
      Menurut Saya, hal-hal diatas jika kita lakukan dengan konsisten…akan berimpact atau berdampak pada apa yang kita keluhkan diatas….Amin
      terima kasih

      • alifiandra
        Februari 19, 2016 pukul 10:32 am

        Maaf,kalo boleh tau di ulu bongka itu penghasilan penduduknya dari mana ya?

      • April 13, 2016 pukul 12:37 pm

        kalau ulubongka bagian pesisir rata2 penghasilannya sbagai nelayan. di bagian pdalaman dari hasil hutan dan perkebunan

    • Ardhian i12ma
      Februari 2, 2014 pukul 7:23 pm

      Nanti upik jd bupati bru upik perhatikan itu kecamatan.,..,

  3. Ulfan Taufan Aba Mire
    April 5, 2012 pukul 10:13 am

    butuh persatuan dan kesamaan pandangan anak daerah khususnya ulubongka untuk membangun daerah ini, yang paling memprihatikan adalah akses jalan raya yang sangat minim,,,,,marilah kita berkarya untuk ulubongka kedepan, ulubongka milik kita maka hanya kitalah yang harus membangunnya,

    • April 19, 2012 pukul 6:01 am

      setuju Bung…Daerah kita kaya, hanya saja akses masih terbatas dan sulit terjangkau, contohnya jalan ke Bongka. masalahnya dari kebijakan politis para petinggi kita…pertanyaannya adalah kenapa terkesan adanya pembiaran terhadap kondisi jalan tersebut yang sudah sejak lama seperti itu, padahal jalan tersebut tersebut merupakan arteri perekonomian masyarakat Bongka yang juga telah menopang pertumbuhan ekonomi Daerah ini…SALAM

  4. Saldin aba
    Mei 3, 2012 pukul 6:10 am

    Sebenarnya..tidak ada yang perlu kita salahkan khususnya mengenai pembangunan didaerah ini cuma bagiaman kita mencari solusi yang tepat dalam memacu pembangunan didaerah ini….

  5. Saldin aba
    Mei 3, 2012 pukul 6:16 am

    Alhamdulillah..sekarang ini jalan poros ulubongka sudah mulai dikerjakan walaupun baru spjg 5 km …yaah kita syukuri apa yang diberikan .maklum pad faerah ini masih sangat minim.

  6. elfideruge
    November 16, 2013 pukul 3:00 pm

    saya putra bongka tepatnya kampung saya desa rompi, komentar saya tolong liakan itu bangunan-bangunan dari proyek pemukiman di desa itu banyak yang tidak layak dihuni bahkan belum dihuni sudah rubuh duluan. pertanyaan sekarang apa tidak cukup dana atau habis dikorupsi. waduh????

    • Desember 16, 2013 pukul 5:53 pm

      turut prihatin dng kndisi ini. program yg sharusnya membrikan hunian yg layak buat masyrkat mlah terjadi sbliknya. klw dri.anggaran bangunannya hrusnya memadai krna sdah mlewati tahapan perencanaan dan bisa diprtanggung jawabkan scara teknis. mslahnya mngkin sja dri instansi atw lmbaga yg menangani hal ini tdk melakukan pngawsan atw kontrol yg sharusnya terhdap proyek ini. ada indikasi pnyelewengan atw korupsi???? spertinya kita bsa menilai sndiri. wallahualam. tabe leh..###

  7. elfideruge
    November 16, 2013 pukul 3:10 pm

    walaupun demikian saya setuju sekali dengan beberapa komentar disekitar upaya untuk membangun masa depan kecamatan ulubongka lebih baik dari hari ini asalkan bukan cuma sekedar ngomong doang tapi harus dibuktikan secara nyata artinya benar dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat kec.ulubongka.

  8. Februari 10, 2014 pukul 7:28 am

    Touna memiliki banyak sekali potensi hydro power untuk dijadikan pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan spt PLTM/PLTA. Tapi tidak termanfaatkan dengan baik sebab banyak sekali izin yang telah “Di Obral” oleh Bupati dan Dinas Pertambanga Energinya tidak tegas terhadap perusahaan pengembangnya. contohnya rencana pembangunan PLTM Sipoyo yang di Desa Wotusongu, Kecamatan Ulubongka. Ini ada apa antara Dinas dan pengembangnya, kok sudah 4 tahun tidak terealisasi pembanunannya?? Khan sudah menghambat proses investasi dan kesejahteraan masyarakat!!??

    Salam Touna,

  9. September 20, 2014 pukul 11:50 am

    Desa mire lembah yang mempesona .. Sy pernah berapa kali kesana kaki gunung katopasa. Rasanya ingin datang lagi kesana.

  10. ulfan
    Mei 2, 2015 pukul 12:48 pm

    hallo, asalamualaikum wr.wb, apa kabar semua………..????????

  11. Juni 25, 2015 pukul 5:47 am

    bagus, ayo rame-rame taruh komentar di sini

  12. MASNA
    November 16, 2015 pukul 7:03 am

    SAYA BUTUH DATA PROFIL DESA UWEMATOPA DOONK…LENGKAP DENGAN KONDISI GEOGRAFISNYA,DATA PENDUDUKNYA,DLL

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s