Beranda > Archicad, Arsitekturia > Menggambar 3Dimensi (ArchiCad Bag.2)

Menggambar 3Dimensi (ArchiCad Bag.2)

Baca artikel sebelumnya:

Menggambar 3Dimensi itu sebenarnya gampang-gampang susah, tergantung software yang digunakan, imajinasi dan kreativitas kita. Kali ini Ngkai ingin mencoba berbagi sedikit pengetahuan menggambar 3Dimensi dengan menggunakan Archicad. Versi yang digunakan kali ini adalah Archicad 13, dan untuk tutorial berikut ini anda bisa menggunakan software Archicad versi dibawahnya. Karena trik berikut ini merupakan trik dasar tinggal kreativitas anda untuk mengembangkannya lebih lanjut.

Ok, here we go!!!

Project: GAMBAR 3DIMENSI BANGUNAN POS JAGA

  • Buka program Graphisoft Archicad Anda.
  • Pada halaman awal anda setting New Project, settingan dibawahnya anda biarkan default. Buka menu dropdown pilih Default Profile, kemudian klik New.

Tutorial Archicad

  • Setelah itu akan terbuka halaman tempat anda akan menggambar 3Dimensi nantinya. Pertama-tama yang kita setting adalah Project Preferences-nya, Anda buka [Option] > [Project Preferences] > [Working Unit] Anda setting semua parameter menjadi Centimeter.
  • Kemudian Anda masuk kembali di [Option] > [Preferences] > [Dimensions] untuk mengatur Dimensions. Setting semua parameternya menjadi Centimeter, klik Next untuk mengubah parameter selanjutnya.
  • Setelah selesai mengatur parameternya, langkah berikutnya adalah membuat Layer untuk masing-masing komponen yang akan dibuat nantinya. Klik [Options] > [Element Attributes] > [Layer Settings (Model Views)]. Klik New, masing-masing tuliskan nama komponen yang akan anda buat nantinya. Contoh: As, Dinding, Kolom, Lantai, Kusen, Atap,…….dst. Klik OK

Tutorial Archicad

  • Sekarang kita akan mulai menggambar. Langkah pertama kita buat As bangunan dulu. Caranya: Aktifkan dulu Layer As
  • Tutorial Archicad
  • Anda kemudian Lihat di Toolbar (sebelah kanan monitor anda) cari kemudian klik Line di bagian Document. Buatlah pola bangunan Anda dengan cara, klik di area gambar kemudian ketikkan angka untuk jarak bentangannya. Contoh: Area Jaga=400×400, Rg Istirahat= 350×500.

Tutorial Archicad

  • Langkah selanjutnya adalah membuat dinding. Aktifkan Layer Dinding yang sudah anda buat sebelumnya. Caranya sama seperti diatas. Kemudian cari dan klik komponen Wall di Toolbar. Masuklah ke Setting Dialog untuk mengatur parameternya. contoh: Tinggi bangunan=400, Wall Thickness=15, Construction Method=Center. Dibagian Model anda bisa memilih surface yang anda inginkan. seperti gambar dibawah ini:

Tutorial Archicad

  • Setelah itu, buatlah garis dengan Tool Wall tadi dengan cara klik pada salah satu sudut garis As yang sudah anda gambar sebelumnya, kemudian tarik dan klik pada sudut yang lain. Begitu seterusnya. Hasilnya seperti berikut:

Tutorial Archicad

  • Setelah selesai membuat dinding, anda bisa melihat hasil 3Dimensinya dengan menekan tombol F3 di keyboard. Hasilnya seperti ini:

Tutorial Archicad

  • Proses membuat dinding telah selesai. Selanjutnya adalah memasang kusen pintu dan jendela.
  • Pertama kita akan memasang kusen pintu. Caranya sebagai berikut: Klik Door pada Toolbar, kemudian masuk ke Setting Dialog atur parameternya seperti pada gambar berikut:

Tutorial Archicad

  • Kembalilah pada draft 2Dimensi dengan menekan tombol F2 di keyboard. Setelah itu klik pada bagian dinding yang akan diberi kusen pintu. Klik lagi di bagian luar atau dalam dinding untuk menentukan bukaan pintu.
  • Langkah selanjutnya adalah memasang kusen jendela. Aktifkan/klik Window pada Toolbar, langkah selanjutnya sama seperti cara memasang kusen pintu diatas. Yang berbeda adalah settingan parameternya. Contoh:

Tutorial Archicad

  • Berikut kita akan memasang lantai pada bangunan Pos Jaga ini. Caranya seperti ini: Klik Slab pada Toolbar, kemudian setting parameternya seperti tampak pada gambar ini:

Tutorial Archicad

  • Setelah anda selesai mengatur parameternya, buatlah garis pada bagian terluar dari dinding mengelilingi bangunan dengan menggunakan Slab Tool ini.
  • Selesailah tahap pertama project 3Dimensi Pos Jaga kita. Tahapan-tahapan diatas merupakan langkah dasar dalam membuat object 3Dimensi dengan Archicad. Anda dapat meng-explore bagian Setting Dialog untuk mengatur atau menambahkan elemen-elemen atau ornamen sesuai dengan kreatifitas anda.

Tutorial Archicad

Tutorial Archicad

  1. Juni 12, 2010 pukul 1:15 am

    wiss…
    mantap kang…
    hatur nuhun….

  2. Juni 12, 2010 pukul 1:41 am

    makasih mas udah jalan-jalan kesini….mohon tambahan saran!

  3. Juni 12, 2010 pukul 3:11 am

    bagus….bagus……
    thnx infonya mas……

    areeve

    blog unand

    blog detik

  4. Juni 12, 2010 pukul 3:38 am

    Trims Bro…udah berkunjung di blog yang sederhana ini!

  5. arsitex
    November 9, 2010 pukul 8:00 am

    atapnya mana, mas?

    • November 20, 2010 pukul 1:51 am

      tunggu aja postingan brikutnya…thanks

  6. udin
    November 9, 2011 pukul 11:33 pm

    gan gimana setting slab pada archicad 11, kok tebalx sudah disetting otomatis -300 dan tdk bisa diganti, makasih gan info dan ilmux.

  7. tustri
    Oktober 18, 2012 pukul 4:10 am

    gan mau tanya gimana caraya rubah warna kusen pintu pada archicad??

  8. April 1, 2013 pukul 1:06 pm

    I rarely comment, but i did some searching and wound up here Menggambar 3Dimensi (ArchiCad Bag.
    2) | Catatan Ngkai. And I actually do have a couple of questions for you if you tend not to mind.

    Could it be only me or does it appear like some
    of the responses look as if they are left by brain dead people?😛 And, if you are posting at other online social sites, I’d like to keep up with anything fresh you have to post. Could you list of the complete urls of all your community sites like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

  9. April 24, 2013 pukul 1:13 am

    This blog was… how do I say it? Relevant!! Finally I have found something that helped me.
    Kudos!

  10. irwan
    Juni 24, 2013 pukul 3:31 pm

    blog yang terbuang

  11. adit
    November 11, 2014 pukul 7:45 am

    sep thanks i like this, tidak pelit ilmu itu bagus

  1. Juni 11, 2010 pukul 9:22 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s