Beranda > Archicad, Arsitekturia > Menggambar 3Dimensi (ArchiCad Bag.1)

Menggambar 3Dimensi (ArchiCad Bag.1)

ARCHICAD


ArchiCAD adalah sebuah BIM CAD arsitektur perangkat lunak untuk Macintosh dan Windows dikembangkan oleh perusahaan Hongaria Graphisoft. Pembangunan dimulai pada tahun 1982 untuk Macintosh Apple asli.

ArchiCAD diakui sebagai produk CAD pertama pada komputer pribadi mampu menciptakan baik 2D dan 3D gambar. Dalam debutnya pada tahun 1987 ArchiCAD juga menjadi implementasi pertama BIM bawah Graphisoft’s konsep Bangunan Virtual. Saat ini lebih dari 100.000 arsitek yang menggunakannya dalam industri desain bangunan.

ArchiCAD memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan objek parametrik data yang disempurnakan, sering disebut “objek cerdas” oleh pengguna. Ini berbeda dari gaya operasional program CAD lain yang dibuat pada 1980-an. Produk ini memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah bangunan “virtual” dengan elemen struktur virtual seperti dinding, lantai, atap, pintu, jendela dan perabotan. Berbagai besar pra-desain, objek disesuaikan datang dengan program ini.

ArchiCAD memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan baik representasi 2D atau 3D di layar. gambar dua dimensi dapat diekspor setiap saat, meskipun model dalam database program selalu menyimpan data dalam tiga dimensi. Rencana, elevasi, dan bagian yang dihasilkan dari model bangunan tiga dimensi virtual dan terus diperbarui. Detail gambar didasarkan pada bagian diperbesar model, dengan 2D detail ditambahkan masuk

vendor pihak ketiga dan beberapa produsen produk arsitektur telah mengumpulkan perpustakaan komponen arsitektur untuk digunakan dalam ArchiCAD. Program ini mencakup geometrik Deskripsi Bahasa (GDL) yang digunakan untuk membuat komponen baru.

ArchiCAD dapat mengimpor dan ekspor DWG, DXF IFC dan file SketchUp antara lain. Graphisoft adalah anggota aktif dari Aliansi Internasional untuk Interoperabilitas (IA), sebuah organisasi industri yang menerbitkan standar untuk file dan interoperabilitas data untuk CAD arsitektur.

Cuplikan artikel dari Wikipedia diatas adalah tentang pengertian Archicad. Software ini memang sangat menarik, selain apa yang diterangkan oleh Wikipedia diatas, menurut Ngkai sendiri Archicad ini memang lain dari software sejenis yang khusus mengerjakan grafis 2Dimensi dan 3Dimensi. Dari pengalaman sendiri, Archicad memberikan kemudahan bagi kita untuk mendesain bangunan, pengenalan terhadap material, object 3Dimensi yang sangat bervariatif mulai dari basic geometri sampai landscaping lengkap didalamnya.

Proses pengerjaan gambar 3Dimensi dengan Archicad ini juga cukup mudah menurut Ngkai. Kita cukup mengatur parameter-parameter komponen dan object yang akan digunakan. Untuk gambar 2Dimensi berupa denah, potongan bangunan, potongan interior, detail Arsitektur dan gambar 3Dimensi berupa perspektif bangunan bahkan sampai pada estimasi volume bangunan cukup dengan menjalankan satu software ini saja.

Menariknya lagi, dengan memakai beberapa Render Engine yang sudah terinstal di dalamnya, kita bisa menghasilkan gambaran yang cukup realistik. Waktu rendernya juga tergolong singkat walaupun dengan mengaktifkan beberapa efek seperti mirror, reflectance, shadow, lamp…dll.

Tertarik untuk mencoba Archicad???

Postingan berikutnya Ngkai akan mencoba membagi sedikit pengetahuan menggambar 3Dimensi dengan Archicad ini. So, jangan lupa untuk jalan-jalan di blog Ngkai yang sederhana ini. SALAM

Baca Artikel selanjutnya:


  1. Yuas Widy
    Agustus 7, 2011 pukul 11:57 am

    Saya ingin membeli ARTLANTIS, dimana harus membeli ? Di web resmi artlantis tidak ada jawaban. CAPEK DECH …

    • Agustus 11, 2011 pukul 3:37 am

      terima kasih sudah berkunjung di blog ini…sy memiliki software artlantis 2.0 dan artlantis render for sketchup pro. kalau anda berminat, di tunggu atensinya….

  2. RJ Cahyono
    Desember 7, 2011 pukul 4:09 am

    GAN SAYA PERLU SOFTWARE ARTLANTIS RENDER FOR SKETCHUP PRO ITU HARGA NYA BERAPA YA? BESERTA KUMPULAN SHADERNYA ATAU POSTCARDNYA … TRIMS

  1. Juni 11, 2010 pukul 9:15 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s