Beranda > Obyek wisata, Seputar Tojo Una-una > Wisata Air Panas Marowo Tojo Una-una

Wisata Air Panas Marowo Tojo Una-una

Objek Wisata ini secara administratif terletak di wilayah Kecamatan Ulubongka, kita dapat mengunjungi objek wisata ini dari Ibukota Kabupaten Tojo Una‐Una (Ampana Kota) dengan menggunakan mobil selama 40 menit. Objek wisata ini sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga sambil mandi air panas, bahkan menurut cerita masyarakat setempat jika mandi dengan air panas dapat menyembuhkan penyakit kulit. Objek wisata ini satu‐satunya tempat permandian yang memiliki air panas dan air dingin yang alami.

Cuplikan artikel dari Bappeda Tojo Una-una diatas adalah gambaran tentang wisata air panas marowo. Salah satu pesona alam di daerah Tojo Una-una ini, memang masih terjaga keasriannya karena faktor mistik yang masih melekat kuat pada masyarakat sekitar dan juga merupakan areal hutan lebat yang selalu menyediakan suplai air tanah bagi masyarakat Marowo sehingga selalu terjaga kelestariannya.

Wisata air panas Marowo ini sangat populer di Tojo Una-una. Terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang pada hari-hari libur dan bahkan sering dijadikan sebagai “panggung” acara-acara kesenian tradisional masyarakat Ulubongka. Pengunjung wisata air panas Marowo ini tidak hanya berasal dari daerah sekitar. Pada hari-hari tertentu seperti menjelang Lebaran, sangat ramai dipadati oleh para pengunjung yang datang dari luar daerah.

Lokasi yang mudah dicapai juga merupakan faktor para pelancong untuk bertandang ke sini. Dengan tulisan besar “WELLCOME TO WATER HOT” yang terpasang di pinggir jalan Trans Sulawesi Desa Marowo kita disambut oleh gapura yang mengarahkan kita ke wisata alam air panas ini atau oleh masyarakat sekitar disebut “Ue Poi”.

Kisah menarik tentang wisata air panas Marowo. Menurut Orang-orang tua, bahwa didalam liang mata air panas tersebut, bersemayam seekor ular raksasa (naga barangkali hehehehe….) sehingga dahulu orang yang baru datang ketempat itu harus melempar uang koin kedalam lobang mata air dan mencium batu sungainya, mungkin itu cara perkenalannya kali yah! Sampai sekarang masih sering diketemukan koin-koin disekitar mata air panas tersebut, mulai dari keluaran V.O.C sampai yang ada sekarang ini. Dan tidak sedikit pula yang masih melaksanakan ritual ini.

So, menjelang musim liburan ini sepertinya wisata air panas Marowo yang exotic ini bisa masuk ke dalam daftar liburan anda!!! SALAM

  1. inda
    November 3, 2010 pukul 11:48 am

    keren lea,,,
    jd bisa tw kekyaan alam yg da d TOUNA

    • November 20, 2010 pukul 1:50 am

      …tunggu sja bro. ada lagu bare’e yang sedang hits saat ini

    • November 20, 2010 pukul 1:52 am

      yoi…touna memang keren..masih asri

  2. Maret 29, 2012 pukul 5:18 am

    salam, saya tertarik dengan tulisan anda tentang potensi wisata yang ada di wilayah tersebut. kebetulan saya akan mengadakan riset tentang pengembangan daerah wisata. kl bisa minta kontak yg bisa saya hubungi.terimah kasih

  3. Februari 10, 2014 pukul 7:27 am

    Touna memiliki banyak sekali potensi hydro power untuk dijadikan pembangkit listrik Energi Baru Terbarukan spt PLTM/PLTA. Tapi tidak termanfaatkan dengan baik sebab banyak sekali izin yang telah “Di Obral” oleh Bupati dan Dinas Pertambanga Energinya tidak tegas terhadap perusahaan pengembangnya. contohnya rencana pembangunan PLTM Sipoyo yang di Desa Wotusongu, Kecamatan Ulubongka. Ini ada apa antara Dinas dan pengembangnya, kok sudah 4 tahun tidak terealisasi pembanunannya?? Khan sudah menghambat proses investasi dan kesejahteraan masyarakat!!??

    Salam Touna,

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s