Beranda > Komputer, Tips and Trick > Cara membersihkan PC

Cara membersihkan PC

Dari pengalaman ngkai, ternyata masih banyak juga user atau para pengguna PC yang mengangap sepele hal-hal seperti membersihkan PC. Padahal menurut ngkai kebersihan adalah hal yang mendasar yang perlu mendapatkan penanganan utama. Bagi para pengguna yang advance memang hal seperti membersihkan PC bukan masalah, tetapi bagi yang masih newbie (seperti Ngkai…!) ini bisa menjadi masalah besar. Terbukti masih banyak juga kawan-kawan yang mengeluh karena PC-nya sering hang, ngadat, lelet, dan hardware yang sering rusak. Bahkan ada yang mengeluh karena suara PC seperti kereta api…! Ternyata setelah Ngkai terawang tanpa perlu menggunakan jampi-jampi, permasalahannya yaitu PC yang kotor dan berdebu, bahkan spiderman sudah membuat rumah di dalam casing. Hal ini yang menyebabkan overheating atau panas yang berlebihan karena menghambat aliran udara di casing, sehingga komputer menjadi hang bahkan jika berlarut-larut komputer kita akan mati sendiri karena overheat.

Membersihkan PC tidak perlu keahlian khusus apalagi membawanya untuk diservis oleh teknisi. Dengan sedikit tenaga dan ketelitian kita bisa terbebas dari masalah ini. Ikuti saja langkah-langkah Ngkai di bawah ini:

Peralatan:

1. Obeng kembang

2. Kuas

3. Thermal Paste

4. Penghapus pensil

5. Penghisap debu

6. Penghilang noda untuk bodi mobil atau motor(stain remover)

7. Air satu gayung….jangan satu loyang he..he..he!

Begini caranya:

– Cabut semua colokan listrik di PC, buka casing anda pake obeng, setelh itu pasang kembali colokan listrik kemudian hidupkan. Perhatikan jika ada yang janggal pada PC anda seperti kipas yang mati, atau putarannya lemah. jika ada sebaiknya segera diganti dengan kipas yang baik.

-Matikan kembali PC anda, kemudian lepas semua kabel-kabel yang terpasang di dalam casing. Agar memudahkan pemasangan kembali sebaiknya posisi kabel di foto saja buat contekan nanti. setelah itu anda boleh mencabut kabel yang terpasang di motherboard. kemudian bukalah pengunci ram kemudian copot dari tempatnya.

-Selanjutnya adalah mencabut kipas processor. harus extra hati-hati saat melepas kipas apalagi processor pentium 4 (northwood atau prescott) yang kipasnya agak sulit dilepas. Harus extra hati-hati juga saat melepas hard disk karena sangat rentan terhadap goncangan.

-Saatnya bersih-bersih…! bersihkan debu di casing dan motherboard yang telah anda lepaskan. Kalau ada debu yang nyangkut atau sulit lepas anda bisa pakai blower yang biasa digunakan meniup debu kamere digital, dan jangan lupa bersihkan juga power supply komputer anda.

-Selanjutnya bersihkan RAM dari debu. jika kotoran pada pin RAM sulit hilang gunakanlah penghapus pensil gosok secara perlahan-lahan. Lakukan juga hal yang sama pada pin VGA, jangan lupa periksa kipasnya dan tambahkan thermal paste di bagian bawahnya apabila sudah habis.

-Setelah itu bersihkan kipas prosessor. lepaskan kipas dari prosessor kemudian bersihkan celah-celahnya dari debu yang menempel, jika ada kotoran yang sulit hilang dibagian bawah kipas gunakanlah sedikit sabun yang dioleskan di kain basah, kemudian keringkan sampai tak ada air yang tersisa.

-Bersihkan processor. bersihkan sisa thermal paste di bagian atas processor dengan pembersih noda, kemudian oleskan sedikit thermal paste yang baru secara merata.

-Bersihkan juga hard disk dari debu-debu yang melekat dengan kuas halus. Hati-hati Jangan sampai hard disk tergoncang atau terbentur.

-Pasang kembali. Pasanglah motherboard anda di casing, colok juga kabel power supply ke motherboard. Setelah itu hubungkan semua konektor atau kabel-kabel yang anda lepas tadi dengan mengikuti contekan yang telah anda foto. Pada saat memasang processor, sebaiknya anda berhati-hati. Lihat tanda berwarna emas dan pasang pada posisi yang tepat dan jangan menekan processor terlalu keras agar pin-nya tidak bengkok atau patah.

-Setelah semua rampung, selanjutnya rapikan peralatan anda. kemudian nyalakan kembali PC dengan tidak menutup dulu penutup casing-nya untuk memastikan tidak ada yang error! tutup casing jika sudah yakin.

Sekarang anda bisa kembali beraktifitas dengan PC kesayangan!

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s