Beranda > Aplikasi, Tips and Trick > Bikin WAV dari MP3

Bikin WAV dari MP3

Kadangkala kita tertarik untuk membuat nada dering dari sebuah lagu yang berformat mp3 di Hp kita, atau kita ingin menambahkan berbagai efek-efek suara untuk ditambahkan kedalam lagu-lagu kita. Inilah alasan kenapa kita harus merubah file MP3 menjadiWAV. Banyak sekali software yang khusus untuk mewngkonversi MP3 menjadi WAV, namun kali ini kita akan memanfaatkan aplikasi yang tidak asing lagi bagi kita yaitu Winamp. Caranya gampang kita hanya perlu sedikit mengkonfigurasinya.

Konfigurasi

  • Jalankan Winamp dan keluarkan “Winamp Preferences” dengan menekan kombinasi Ctrl+p di keyboard.
  • Klik Plug-ins di menu bagian kanan. Tampilkan beberapa plugin yang sdah terbundel bersama Winamp. Ada dua plugin yang akan kita gunakan, yaitu waveOut output dan Nullsoft Disk Writer plugin.
  • Pilihlah waveOut output dan klik tombol configure. Setelah kotak “waveOut setting” tampil, pilih peranti yang akan digunakan di “device” lalu beri tanda centeng pada Alt. Aktifkan “method (slow)” agar pada saat konversi berlangsung suara dapat didengarkan. Simpan pengaturan dan tutup box ini dengan mengklik tombol OK.
  • Berikutnya adalah menentukan lokasi penyimpanan file hasil konversi. Klik Nullsoft Disk Writer dan klik kembali tombol Configure. Pilih lokasi penyimpanan dengan cara mengklik tombol Output Directory. Aktifkan (Kill Nul samples at the beginning) agar suara kosong diawal tidak disertakan. Simpan pengaturan dengan mengklik OK.
  • Konfigurasi telah selesai dilakukan. Jendela Winamp Preferences dapat ditutup. Klik tombol Close.

Konversi

  • Masukkan semua file MP3 yang ingin diubah kedalam playlist Winamp. Klik tombol Play untuk memutar lagu sekaligus memulai proses konversi.
  • Setelah seluruh file selesai dimainkan, bukalah jendela windows Explorer. Periksa hasilnya di folder yang telah anda tentukan tadi.
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s