Beranda > Arsitekturia, Artikel > Bingung Bagaimana Menentukan Desain Rumah Anda?

Bingung Bagaimana Menentukan Desain Rumah Anda?

…”Saya menginginkan desain rumah yang sesuai dengan profesi saya. Sehingga bagi kawan-kawan, tetangga dan kolega bisnis saya akan mendapat gambaran bahwa saya adalah seorang profesional di bidangnya. Dan juga saya menginginkan di dalam rumah saya tersedia space yang cukup untuk saya beraktivitas sehingga akan nyaman bagi saya untuk bekerja dirumah. Tetapi, istri saya lebih menginginkan desain rumah yang feminis. Apa yang harus saya lakukan?…”

…”Saya memiliki lahan yang tidak terlalu luas, dan diapit oleh beberapa rumah bertingkat. Desain rumah seperti apa yang cocok untuk lahan saya agar tidak “tenggelam” oleh kondisi sekitar?, padahal saya menginginkan desain rumah yang sederhana dan minimalis.”

Pertanyaan-pertanyaan seperti yang diajukan diatas, sebenarnya bukanlah merupakan sebuah pertanyaan yang sulit untuk menemukan jawabannya.

Yang harus anda lakukan sebelum berkonsultasi atau menyerahkannya kepada sang Arsitek adalah diskusikan hal-hal tersebut dengan isteri atau anggota keluarga anda dan carilah berbagai literatur tentang adat istiadat, sikap dan perilaku masyarakat sekitar yang menjadi lokasi perencanaan rumah tinggal anda. Faktor kenyamanan dan keamanan bukan hanya terletak pada seperti apa bentuk desain rumah anda, tetapi juga terhadap interaksi anda dan bangunan anda terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Selanjutnya, Buat dan jawablah beberapa pertanyaan seperti ini:

  • Berapa jumlah anggota keluarga Anda?
  • Apa pekerjaan atau profesi Anda dan isteri Anda?
  • Aktivitas yang disenangi atau yang sering dilakukan dalam anggota keluarga Anda di rumah.
  • Hobi atau kegemaran Anda dan anggota keluarga.
  • Seberapa seringkah Anda atau isteri Anda membawa pekerjaan kerumah.
  • Intensitas tamu yang datang kerumah anda dan seperti apa latar belakang profesinya.
  • Bangunan apa saja yang ada disekitar lokasi rumah anda.
  • Orientasi lokasi bangunan anda terhadap lingkungan seperti arah matahari atau arah mata angin.
  • Bagian mana dari rumah anda yang ingin ditonjolkan atau ingin dijadikan centerpoint.

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti diatas akan memudahkan bagi Anda untuk memprioritaskan rancangan desain rumah anda nantinya. Sehingga Anda akan mendapat gambaran bahwa bangunan Anda lebih cenderung pada bentuk mengikuti fungsi atau malahan sebaliknya yaitu fungsilah yang mengikuti bentuk.

Buatlah beberapa draft perencanaan rumah tinggal anda dengan menentukan hirarki hubungan ruang rumah anda seperti area privat, semi privat dan non privat. Anda juga bisa memberikan gambaran desain pola ruangan anda dengan membuat sketsa ruang berbentuk bulatan-bulatan agar tidak kaku. Anda cukup memberikan gambaran tentang hubungan dan besaran ruangan yang anda inginkan.

Selanjutnya, anda tinggal menghubungi Arsitek atau konsultan perencana untuk mewujudkan desain rumah hasil rancangan Anda. Dengan demikian desain rumah anda akan memiliki ciri khas dan tidak terkesan ikut-ikutan atau menjadi korban dari trend perumahan yang belum tentu nyaman dan sesuai dengan kondisi Anda dan keluarga. Anda juga akan memiliki trade mark terhadap desain rumah anda sendiri.

SALAM

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

